LANGKAH - LANGKAH MERAKIT PC

04.34 Posted In Edit This 0 Comments »

LANGKAH – LANGKAH MERAKIT PC

1. Yang pertama saya persiapkan dulu peralatan yang akan saya gunakan, seperti 1 set obeng yang mengandung magnet, tang penjepit, dll. Setelah itu saya membaca buku manual dari motherboard, serta komponen – komponen PC lainnya yang akan saya gunakan, agar nantinya tidak terjadi kekeliruan.
2. Setelah itu saya ambil motherboard yang akan saya gunakan, dan saya buka penutup soket prosesor motherboard, serta mengubah posisi lever pada soket prosesor motherboard yang berfungsi untuk mengunci prosesor hingga tegak lurus dengan motherboard.


3. Saya letakkan prosesor pada soket prosesor motherboard hingga duduk dengan baik dan benar, namun sebelum itu saya pastikan dulu kaki prosesor tidak ada yang bengkok / melenceng.
4. Lalu saya ubah posisi lever pada soket prosesor motherboard yang berfungsi untuk mengunci prosesor kembali ke posisi semula, sejajar dengan motherboard.
5. Ambil thermal grease dan oleskan secukupnya pada heat spreader prosesor. Karena pada heatsink fan yang saya gunakan telah dilengkapi dengan thermal pad, jadi langkah ini tidak saya lakukan.
6. Setelah itu saya memasang dan mengunci heatsink fan prosesor pada soket prosesor motherboard.
7. Lalu saya memasang konektor daya heatsink fan pada fan header ¾-pin yang berisi tulisan CPU pada motherboard.
8. Selanjutnya saya memasang memory pada slot memory di motherboard, dengan menekan kedua ujung memory hingga memory terkunci (hingga terdengar bunyi klik).
9. Setelah itu saya mengambil casing yang akan saya gunakan dan melepaskan sekrup dan penutup letak port pararel pada casing. Dan memasang I/O shield.
10. Selanjutnya mengatur dan mengarahkan slot pada motherboard yang akan digunakan dengan expansion slot cover yang terdapat pada casing.
11. Lalu meletakkan motherboard pada casing, namun sebelum itu saya terlebih dahulu memasang dudukan motherboard pada casing. Setelah semua dudukan motherboard terpasang barulah saya meletakan motherboard pada casing, namun saya juga harus memperhatikan bagian back panel yang harus menonjol keluar dari casing. Setelah motherboard terpasang dengan baik dan lubang sekrup pada motherboard sudah bertemu dengan dudukan motherboard, lalu saya pasang sekrupnya.
12. Setelah itu memasang front panel casing pada front/system panel header yang terdapat pada motherboard. Awalnya saya bingung memangsang konektor – konektor ini, namun setelah diberi sedikit bimbingan dan setelah membaca buku manual, saya mulai bias.
13. Lalu pemasangan floppy disk drive, CD-ROM Drive, dan harddisk, namun sebelum memasang harrdisk terlebih dahulu saya atur jumper master slave pada harrdisk. Setelah sudah mendapat tempat pada casing, lalu saya pasangkan sekrup pada masing – masing lubang sekrupnya.
14. Selanjutnya memasang kabel data pada floppy disk. Pertama saya pasang dulu ujung kabel pada floppy dan satunya lagi pada motherboard yang berisi tulisan floopy.
15. Setelah memasang pada floppy, dilanjutkan memasang kabel data pada harddisk dan CD-ROM. Pertama saya pasang ujung konektor kabel pada harddisk dan konektor yang ditengah pada CD-ROM, selanjutnya konetor pada ujung yang satu lagi saya pasang pada motherboard.
16. Selanjutnya pemasangan konektor daya utama/ ATX dari power supply pada motherboard. Pada pemasangan ini saya menemukan sedikit masalah yaitu konektor ATX dari power supply menggunakan konektor 20-pin, namun port ATX pada motherboard menggunakan 24-pin, maka saya bertanya pada teknisi yang medampingi saya, dan dia pun menyarankan pasang saja tidak jadi masalah. Dengan demikian, akan terdapat 4-pin pada port ATX di motherboard yang tidak dimanfaatkan.
17. Setelah itu pemasangan konektor daya tambahan 12V dari power supply pada port daya tambahan 12V di motherboard.
18. Selanjutnya pemasangan kabel power dari power supply pada CD-ROM, floppy disk, begitu juga pada harrdisk.
19. Setelah itu pemasangan kartu grafis / VGA Card pada slot VGA Card di motherboard. Pemasangan kartu grafis ini dilakukan dengan menekan kedua ujung kartu hingga kartu grafis terkunci atau hingga terdengar suara klik.
20. Setelah saya pastikan semua terpasang dengan baik, maka penutup casing pun saya tutup dan saya pasangkan juga sekrupnya. Setelah itu maka saya pasang mouse, keyboard, kabel monitor pada casing, dan stavol. Setelah semua terpasang maka computer sudah siap dihidupkan untuk diinstal.

0 komentar: