LANGKAH MENGINSTAL WINDOWS XP

04.38 Posted In Edit This 0 Comments »

LANGKAH – LANGKAH MENGINSTAL WINDOWS XP

1. Langkah pertama yang saya lakukan adalah masuk pada program Bios, dengan menekan DEL. Pada BIOS saya mengatur agar pada saat booting awal dilakukan melalui CD-ROM. Setelah saya selesai melakukan pengaturan, lalu saya memasukan CD Windows XP ke dalam CD-ROM, selanjutnya menyimpan pengaturan dan keluar dari BIOS.
2. Setelah PC restart, dan saat muncul tulisan boot from CD, lalu saya tekan Enter, agar PC boot dari CD. Tunggu sebentar agar penginstalan Windows mengenali beberapa perangkat keras standar yang tercolok di PC. Setelah muncul tampilan Welcom to setup, tekan Enter untuk melanjutkan.
3. Lalu muncul tampilan layar end- user lisence agreement dan tekan F8. Setelah itu membuat partisi, yaitu membagi harddisk menjadi 2 bagian. Lalu tekan C untuk membuat partisi pertama.

4. Pada penginstalan ini saya memasukan angka 20000 pada partisi pertama atau memberi kapasitas 20GB pada partisi pertama. Lalu saya tekan Enter.
5. Setelah kembali pada layar sebelumnya, maka saya pilih Unpartitioned space, dilanjutkan dengan menekan C. Setelah itu saya langsung tekan Enter, karena sisa kapasitas harddisk hendak saya jadikan partisi kedua. Selanjutnya saya pilih partisi pertama sebagai tempat Windows XP, lalu saya tekan Enter untuk melanjutkan.
6. Selanjutnya memilih system file yang akan diformat. Saya disarankan oleh teknisi yang membimbing saya, untuk memilih NTFS sebagai system file dipartisi Windows, karena system ini jauh lebih stabil dibandingkan dengan FAT32. Selanjutnya saya tekan Enter.
7. Selanjutnya proses format pun dimulai, dan berlangsung agak lama. Selesai partisi diformat, PC pun restart dan masuk ke layar pengaturan regional dan bahasa. Lalu saya klik customize, dan dibagian ini saya pilih Indonesia, selanjutnya saya klik apply dan OK. Setelah kembali ke layar sebelumnya, saya klik details, dan pada bagian ini saya pilih Indonesia_US, lalu saya klik OK. Lalu saya klik next untuk melanjutkan.
8. Selanjutnya memasukan nama, dan organisasi, lalu klik next. Setelah itu memasukkan nomor kunci produk. Selesai memasukkan nomor kunci produk, lalu saya klik next untuk melanjutkan.
9. Lalu memberi nama PC, dan klik next. Selanjutnya mengatur tanggal dan jam, juga zona waktu, dan diakhiri deangan klik next. Dan penginstalan pun kembali berjalan.
10. Selanjutnya muncul tampilan, dan saya klik OK. Setelah itu muncul tampilan Welcome to Microsoft Windows, dan saya klik next.
11. Setelah itu mendaftarkan nama akun yang akan menggunakan PC, selesai itu saya klik next. Dan selanjutnya muncul tampilan ucapan terima kasih dari windows, dan saya klik finish untuk menyudahi penginstalan.

0 komentar: